cover
Contact Name
Zainal Abidin
Contact Email
zainal.abidin@fisip.unsika.ac.id
Phone
+6282117345670
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Perum. Pemda Sukaharja Blok G2 No. 1. Rt.01/Rw.09. Desa Sukaharja. Kecamatan Telukjambe Timur
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Politikom Indonesiana
ISSN : -     EISSN : 25282069     DOI : https://doi.org/10.35706
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Politikom Indonesiana, adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik dan Ilmu Komunikasi. Melalui kerjasama UNSIKA dan UNPAD, maka jurnal Politikom Indonesiana diharapkan menjadi jurnal Nasional dan akan diterbitkan dua kali dalam satu tahun.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Politikom Indonesiana" : 8 Documents clear
Selebgram Sebagai Pendorong Perilaku Konsumtif Mahasiswi Untuk Melakukan Pembelanjaan Digital Ladyba Furi Ayusyah Haharap; Neila Susanti; Syahrul Abidin
Jurnal Politikom Indonesiana Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Politikom Indonesiana
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jpi.v7i1.6661

Abstract

Peningkatan popularitas selebgram melalui media sosial membuat warga digital mulai mempercayai kredibilitas selebriti di dunia maya tersebut. Hal tersebut mendorong banyaknya pihak bisnis yang mengajak selebriti digital dalam mempromosikan produk atau jasa mereka. Saat ini remaja semakin sering menggunakan media sosial Instagram yang membuat mereka melihat produk yang dipromosikan selebgram. Promosi dari selebgram berimbas kepada peningkatan perilaku konsumtif di kalangan masyarakat yang menerima pesan promosi dari selebriti. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau seberapa jauh peran selebgram dalam mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial UINSU. Penelitian kuantitatif ini akan menggunakan analisis korelasional untuk mengkonfirmasi validitas dan kredibilitas data penelitian yang telah terkumpul. Kuesioner akan disebarkan secara daring kepada mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial UINSU dengan jumlah 62 responden dengan teknik Probability Sampling. Probability sampling memungkinkan seluruh populasi untuk menjadi responden tanpa memilah demografi. Hasil data dan analisis dari penelitian menunjukkan bahwa selebgram (X1) dan perilaku konsumtif (X2) memiliki pengaruh secara signifikan terhadap mahasiswi dalam berbelanja online dengan nilai 0,679 atau 46,1% yang artinya kuat sedangkan 53.9% lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kata Kunci: Komunikasi, New Media, Selebgram, Perilaku Konsumtif
The Relationship of Exposure to Sexual Violence News in Online Media to Children with Parents’ Anxiety Level Angel Paulina; Daniel Susilo
Jurnal Politikom Indonesiana Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Politikom Indonesiana
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jpi.v7i1.6669

Abstract

Angka kekerasan seksual terhadap anak di Indonesia terus mengalami kenaikan, hal tersebut membuat media menjadi gencar dalam memberitakan kasus tersebut. Pemberitaan mengenai kekerasan seksual sering kali dipublikasikan melalui media online dan setiap pemberitaan tersebut kerap memberikan dampak pada orang yang membaca berita tersebut, salah satunya adalah kecemasan. Pada penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori Kultivasi dengan konsep terpaan media, kekerasan seksual, dan kecemasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat eksplanatif dan paradigma positivistik. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 400 responden dengan kriteria yang telah ditentukan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji koefisien korelasi, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara terpaan berita kekerasan seksual terhadap anak dengan tingkat kecemasan orang tua sebesar 55,5%. Kata Kunci: kekerasan seksual, media daring, terpaan berita, tingkat kecemasan.
Peningkatkan Wisatawan Masa New Normal: Telaah Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Ronaldi Safitra; Mufid Salim; Rustono Farady Marta; Nunik Hariyanti
Jurnal Politikom Indonesiana Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Politikom Indonesiana
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jpi.v7i1.6701

Abstract

Kabupaten Kampar merupakan salah satu daerah yang terkena dampak buruk dari pandemi Covid-19 sehingga menyebabkan penurunan pengunjung. Dengan adanya kebijakan new normal yang dibuat oleh pemerintah pusat, maka diperlukan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi selama pandemi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar dalam meningkatkan wisatawan pada masa new normal. Penelitian ini menggunakan teori bauran pemasaran yang dikembangkan oleh (Kotler, 2012), metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dimana peneliti mengambil Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar sebagai objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan pegawai dinas pariwisata, pengelola wisata, dan wisatawan. Data kemudian dianalisis dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data divalidasi dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar telah mengambil langkah yang sesuai dengan strategi komunikasi pemasaran, langkah tersebut adalah dengan menerapkan bauran pemasaran yang didalamnya terdapat bauran promosi. Akan tetapi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar belum dapat menjalankan strategi komunikasi pemasaran tersebut secara maksimal dikarenakan adanya perintah PPKM dari pusat serta pembatasan kunjungan membuat pariwisata Kampar ditutup dan terpaksa dihentikan, setelah dibuka kembali belum terlihat adanya peningkatan jumlah wisatawan di Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Strategi, Bauran Pemasaran, Dinas Pariwisata Kampar, New Normal
Respon Krisis IRT Mengenai Pemberitaan Kelangkaan Minyak Goreng Eshauqi Fitrayatra; NQ Ratna Suminar Sari; Panjibrata Burhan; Herlina` Agustin
Jurnal Politikom Indonesiana Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Politikom Indonesiana
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jpi.v7i1.6711

Abstract

Kelangkaan minyak goreng yang terjadi di Indonesia telah berdampak secara merata kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama ibu rumah tangga yang menjadikan minyak goreng sebagai kebutuhan sehari-hari. Krisis ini kemudian menimbulkan berbagai tanggapan dan memunculkan banyak pemberitaan di media, salah satunya pemberitaan mengenai pernyataan Ibu Megawati Soekarnoputri yang merupakan mantan Presiden RI mengenai kelangkaan minyak goreng yang sempat menyinggung respon ibu-ibu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur dan kajian literatur. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah dua orang ibu rumah tangga dengan latar belakang pendidikan yang berbeda. Analisis data penelitian ini lakukan melalui tiga tahap analisis data, yaitu: tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa, narasumber beranggapan bahwa pernyataan Megawati tersebut memberikan dampak positif dan negatif bagi ibu rumah tangga, namun mayoritas memberikan anggapan negatif terhadap pernyataan Megawati tersebut. Strategi respons krisis dibutuhkan sebagai bentuk manajemen krisis yang dapat dilakukan oleh individu untuk menanggulangi krisis dari pemberitaan media dengan terjun langsung memeriksa kebenaran berita di lapangan, menyeleksi dampak positif dan negatif dari pemberitaan di media, hingga penemuan solusi untuk mengurangi dampak negatif krisis bagi narasumber. Kata Kunci: ibu rumah tangga, manajemen krisis, krisis
Transition Policy of The Changes of The Bone Regional Government in The Pandemic on Public Service Andi Amytia Resty Dwiyanti
Jurnal Politikom Indonesiana Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Politikom Indonesiana
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jpi.v6i2.6733

Abstract

The Covid-19 that hit Indonesia, especially in the Bone regency, has provided a new order in bureaucracy and changes in work patterns. This condition faced by the government to make changes to the new normal. This study uses qualitative descriptive methods, with library research.The results of this study found that there are two dimensions of government change. Changes in the bureaucratic institutions and the dimensions of the work system. In the dimension of bureaucratic institutional change,over normal disruption occurs, in this caserequires organizations to make to new normal changes. Where the bureaucracy in providing public services, especially at the population and civil registry office of Bone regency, still prioritizes health protocols. Meanwhile in the dimension of work system, there are two choices, working at home and continuing to work in the officeand following the health protocols. In Covid-19, there are many electronic-based public service innovation, so it is necessary to strengthen quality and innovative of human resources.The implications of this research is the success of government change strongly influenced by leadership factors. Leaders who have personality, visionary, and the sense of power are able to face changes or in this case government in Bone Regency. Keywords: Covid 19, Transition Policy, Public Service, Bone Regency
Organizational Culture Towards Culture of Excellence Manolito San Jose
Jurnal Politikom Indonesiana Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Politikom Indonesiana
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jpi.v7i1.6751

Abstract

This study examined the organizational culture of the College of Education of Polytechnic University of the Philippines. An institution's organizational culture determines the faculty members' attitudes, values, characters, goals, and aspirations. It identifies their nature and how they act or perform their duties and responsibilities no matter what their position is. Adopting a positive culture in an institution produced a positive outcome, promoting success in the organization. Loyalty to the organization is one of the greatest assets of the faculty members working in the College. Unity amidst the diversity exists in the College of Education that makes the organization continue to succeed and strive for excellence.    According to Edgar Schein (1985), "organizations do not adopt a culture in a single day. Instead, it is formed in due course of time as the employees go through various changes, adapt to the external environment, and solve problems. The researcher used Qualitative Descriptive Design as a comprehensive summarization of specific events and phenomena experienced by individuals or groups of individuals using interview methods both online and offline platforms.  Keywords: Organizational Culture, Beliefs, Values, Character, Service, Loyalty, and Excellence.
Menimbang Perilaku Elit di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Etika Pemerintahan Sopyan Resmana Adiarsa; Rachmat Ramdani
Jurnal Politikom Indonesiana Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Politikom Indonesiana
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jpi.v7i1.6774

Abstract

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Nasional untuk menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. Namun demikian, upaya tersebut pada implementasinya tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini dipengaruhi salah satunya oleh perilaku para elit penyelenggara negara yang justru kontraproduktif dengan upaya-upaya yang diusahakan oleh pemerintah. Tulisan ini menganalisis perilaku elit politik dan pemerintahan di masa pandemi Covid-19 dari perspektif etika pemerintahan. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi literatur. Data dan informasi dikumpulkan dari sumber-sumber sekunder berupa buku, jurnal, laporan kebijakan, berita online, peraturan perundang-undangan. Teknik analisis data menggunakan model Mills dan Huberman (1992) yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan/ Verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa sikap dan perilaku elit politik dan pemerintahan yang kurang menunjukkan keteladanan dan kurang berkesesuaian dengan prinsip-prinsip dari etika pemerintahan seperti keindahan, persamaan, kebaikan, keadilan, kebebasan dan kebenaran di masa pandemi Covid-19 telah ikut menyebabkan kurang berhasilnya implementasi kebijakan penanganan Covid-19 di Indonesia.  Perilaku para elit politik dan pemerintahan di masa pandemi yang cenderung kurang menunjukkan penerapan prinsip-prinsip etika pemerintahan yang baik telah mendorong masyarakat untuk mengabaikan anjuran dan aturan-aturan penanganan pandemi covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah. Kata kunci: Elit; Perilaku Elit; Etika Pemerintahan; Kebijakan Publik; Pandemi Covid-19.
Fan Culture dan Perkembangan Kreativitas Remaja KPopers Risma Eva Dinar; Zainal Abidin; Maulana Rifai
Jurnal Politikom Indonesiana Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Politikom Indonesiana
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jpi.v7i1.6863

Abstract

Hadirnya Korean wave yang didukung dengan kecanggihan teknologi, membuat para remaja terpengaruh dengan budaya-budaya luar salah satunya budaya Korea. Dengan internet dan media sosial, memudahkan remaja penggemar K-Pop untuk mencari dan menyebarkan informasi mengenai idola mereka. Bahkan mereka mampu membuat komunitas di media sosial seperti di Instagram. Instagram menjadi wadah bagi Kpopers untuk membentuk komunitas berdasarkan fandom mereka masing-masing. ReVeluv Medan salah satu komunitas yang ada di Instagram merupakan fandom girlband Red Velvet yang ada di Medan dan menjadi subjek penelitian ini. Penelitian ini bermaksud mencari tahu dan mengeksplorasi bagaimana fan culture dalam komunitas virtual @reveluv_medan dan perkembangan kreativitas remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual. Menggunakan teori konvergensi simbolik dan teori participatory culture. Hasil dari penelitian yaitu Fan culture atau budaya penggemar terbentuk karena adanya pertukaran informasi antaranggota dan membangun sebuah realitas yang diyakini bersama. Artefak budaya atau manifestasi nilai dalam komunitas ReVeluv Medan berupa teks, foto dan video. Kreativitas remaja terbentuk karena remaja dalam ReVeluv Medan dapat menjadi produsen dan sekaligus konsumen budaya yang mereka produksi. Kata Kunci: Teori Konvergensi Simbolik, Participatory Culture, Etnografi Virtual, Transformasi Perilaku

Page 1 of 1 | Total Record : 8